Rabu, 10 Maret 2010

Dr. H. Wakhudin M.Pd., Belajar Minum Segelas




TEPAT pukul 9.09 WIB, Rabu (9/9), Redaktur Dalam Negeri Pikiran Rakyat, Drs. H. Wakhudin M.Pd. (44), dinyatakan lulus ujian promosi gelar doktor dalam sidang terbuka Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Disertasi yang berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Multimedia Melalui ’Valuing Process’ Menuju Masyarakat Melek Media", dianugerahi yudisium sangat memuaskan. Disertasi ini yang ditulisnya merupakkan hasil studi etnografis pada pengguna internet di HU Pikiran Rakyat.

Menjadi "pekerja media" sejak 1989, Wakhudin melihat perkembangan media dan aliran informasi menjadi krusial dalam perkembangan masyarakat. Apalagi, sejak memasyarakatnya internet. "Di internet, semuanya ada. Mulai dari film porno, gosip, sampai ilmu pengetahuan," katanya.

Menghadapi melimpahnya informasi--yang baik maupun yang kontraproduktif--itu, Wakhudin memaparkan tiga alternatif. Pertama, sensor. Kedua, masyarakat dibebaskan sama sekali mengakses informasi apa pun. "Kita tidak bisa lagi memberlakukan sensor, sementara membiarkan informasi bebas harus berhadapan dengan konsekuensi pada kehancuran nilai moral," tuturnya.

Oleh karena itu, Wakhudin menawarkan alternatif ketiga, memberikan pembelajaran melek media. "Informasi di internet itu dahsyat sekali. Seperti kalau kita membutuhkan segelas air, internet menawarkan satu kolam besar. Saking melimpahnya, kita malah bisa tenggelam," katanya.

Membuat generasi muda dan masyarakat melek media atau media literate inilah yang ditawarkan dalam bentuk model pembelajaran dalam disertasinya itu. "Kita harus belajar minum segelas. Memanfaatkan internet secara efektif," ujar doktor pertama di lingkungan Redaksi Pikiran Rakyat ini. (Islaminur Pempasa/"PR")***

1 komentar:

Syaefurrahman Al-Banjary mengatakan...

selamat ya, jadi doktor, sekarang caleg hanura lagi, mari berjuang!